Rabu, 19 September 2018

Jenis - jenis Jaringan Komputer




Selamat Malam teman-teman semua, pada postingan pertama saya kali ini saya akan 
membahas tentang resume dari jenis-jenis jaringan komputer, mulai dari : 
- Pengertian
- Fungsi
- Karakteristik
- Prinsip Kerja
- Contoh Jaringan
- Implementasi
- Kekurangan 
- Kelebihan
sebuah jaringan-jaringan yang ada pada komputer, untuk memenuhi Tugas pertama saya dalam Mata Kuliah Jaringan Komputer.
Semoga postingan kali ini dapat bermanfaat dalam menambah informasi dan wawasan bagi para pembaca sekalian. Amin🙏

Sebelum kita membahas apa saja jenis-jenis jaringan komputer terlebih dahulu saya akan menjelaskan apa itu jaringan komputer :

Jaringan Komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien  dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. (Di kutip dari : Wikipedia ensiklopedia bebas).

Jenis - jenis jaringan komputer terbagi menjadi 4 jenis yaitu :
1. LAN (Local Area Network)
2. PAN (Personal Area Network)
3. WAN (Wide Area Network) 
4. MAN (Metropolitan Area Network)


A.   LAN (Local Area Network)

1. Pengertian LAN :

LAN atau kepanjangan dari Local Area Network merupakan jaringan komputer dengan cakupan jaringan yang wilayahnya kecil seperti jaringan komputer gedung, kampus, kantor, sekolah, di dalam rumah, atau di dalam satu ruangan. Kebanyakan LAN saat ini berbasis teknologi Ieee 802.3. Ethernet dan menggunakan perangkat switch yang memiliki kecepatan transfer data 10, 100, 1000 Mbit/s. Saat ini teknologinya menggunakan 802.11b atau WiFi untuk membuat LAN. Biasanya, tempat – tempat yang menyediakan LAN dengan memanfaatkan WiFi sering disebut dengan hotspot.
Di sebuah LAN, setiap komputer atau node memiliki daya komputasi sendiri. Hal ini tidak sama dengan konsep dump termimal. Tiap komputer juga mampu mengakses sumber daya di LAN sesuai hak akses yang sudah diatur. Sumber daya ini dapat berupa perangkat atau data seperti printer. Di LAN, pengguna juga bisa berkomunikasi dengan pengguna lainnya dengan aplikasi yang sesuai.
Tidak sama dengan jaringan WAN atau Jaringan Area Luas, LAN memiliki karakteristik memiliki pusat data yang tinggi, mencakup wilayah geografi yang sempit, dan tidak memerlukan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi. Salah satu komputer dalam jaringan komputer biasanya digunakan sebagai server yang mengatur seluruh sistem di jaringan itu.
2. Fungsi jaringan LAN :
Jaringan LAN atau jaringan lokal berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer dalam satu lokasi agar bisa terhubung satu sama lain sehingga akan memudahkan pertukaran data dan mempercepat proses kerja. Dengan adanya jaringan lan ini semua pekerjaan dapat dikerjakan dengan cepat dan mudah karena kita bisa mengakses data dari komputer mana saja, selain itu jaringan lan juga akan menghemat biaya karena perangkat yang ada pada jaringan LAN dapat digunakan secara bersama-sama dengan menggunakan teknik sharing misalnya sharing printer, sharing file dan lain-lain. Berikut adalah fungsi dan manfaat jaringan LAN:
-          Mempercepat proses pertukaran data dalam jaringan (sharing data)
-          Lebih hemat dan efisien karena perangkat dapat digunakan secara bersama-sama   dalam satu jaringan (misal: printer, server, dll)
-      Memungkinkan informasi dan data tetap up to date sehingga jika ada pembaruan   data dalam jaringan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.
3.  Karakteristik Jaringan LAN :
Jaringan LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
-         Mempunyai pesat data yang lebih tinggi karena hanya dalam lingkup satu wilayah saja.
-        Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit (dalam kantor, kampus, sekolah atau rumah).
-        Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi (tidak membutuhkan akses internet).

4.  Prinsip Kerja Jaringan LAN :

      Prinsip Kerja LAN dapat diartikan sebagai network atau jaringan sejumlah sistem komputer yang lokasinya terbatas didalam satu gedung/lokasi, satu kompleks gedung atau suatu kampus dan tidak menggunakan media fasilitas komunikasi umum seperti telepon, melainkan pemilik dan pengelola media komunikasinya adalah pemilik LAN itu sendiri.Dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa sebuah LAN dibatasi oleh lokasi secara fisik. Adapun penggunaan LAN itu sendiri mengakibatkansemua komputer yang terhubung dalam jaringan dapat bertukar data atau dengan kata lain berhubungan. Kerjasama ini semakin berkembang dari hanya pertukaran data hingga penggunaan peralatan secara bersama. LAN yang umumnya menggunakan hub/switch, akan mengikuti prinsip kerja hub itu sendiri. Dalam hal ini adalah bahwa hub tidak memiliki pengetahuan tentang alamat tujuan sehingga penyampaian data secara broadcast, dan juga karena hub hanya memiliki satu domain collision sehingga bila salah satu port sibuk maka port-port yang lain harus menunggu. Itulah diantara kelebihan dan kekurangan jaringan LAN. 

5. Contoh jaringan LAN dan Implementasinya :

-          Jaringan dilingkungan sekolah
-          Jaringan komputer dikantor
-          Jaringan Komputer di lingkungan kampus 

6.  Kekurangan  Jaringan LAN :

-          Jika Banyak PC yang terhubung Jaringan LAN akan Melambat
-          Software harus Dirancang untuk Multi User
-          LAN begitu lambat di speed modemnya
-          Karena semua komputer/PC terhubung dalam satu jaringan atau topologi maka       ketika salah satunya terinfeksi virus,komputer lainnya juga akan bervirus
-          Sistemnya Menggunakan 1 Jaringan Maka Masih ada Kemungkinan Jaringan Bisa Di Retas
-        Mengenai lokasi LAN hanya dapat terhubung antar komputer dalam satu gedung misalnya dalam kampus, dalam satu ruang dengan menghubungkan minikomputer. Sebenarnya LAN mampu lebih dari satu gedung namun hubungan jaringannya cukup tidak memadai.

7. Kelebihan jaringan LAN :

-          Melakukan transfer file melalui suatu server pengatur keluar-masuk informasi   adalah hal yang memungkinkan
-          Dapat melakukan penggunaan sumber daya secara bersama-sama
-          Penggunaan dengan LAN dapat membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien
-          Keamanan kerahasiaan data maupun investasi terjamin karena LAN memiliki   sistem pengatur password
-          Tidak banyak penggunaan kabel
-          User interface yang digunakan adalah fasilitas yang baku
-          Bisa menciptakan jaringan hubungan antar sistem dan berbagai merek
-          Sistem yang terhubung ke terminal lebih banyak
-          Jaringan LAN membuat kita mengkopi data antar komputer dan lebih cepat   sehingga menghemat waktu
-         Karena banyak sistem yang terhubung maka dengan jaringan LAN komputer dapat dihubungkan dengan beberapa termasuk serat optik,kabel pasangan,cahaya inframerah,isyarat radio dan kabel pasangan. Hubungan-hubungan tersebut merupakan topologi yang fungsinya menjalankan tugas atas pesan dari satu komputer ke komputer lain.

B. PAN (Personal Area Network)

1.      Pengertian PAN :

Personal Area Network (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer perangkat (termasuk telepon dan asisten pribadi digital) dekat dari satu orang.Perangkat mungkin atau tidak milik orang tersebut.Jangkauan dari PAN biasanya beberapa meter.PANs dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (intrapersonal komunikasi), atau untuk menghubungkan ke tingkat yang lebih tinggi dan jaringan Internet (an uplink).Personal area jaringan kabel mungkin dengan komputer bus seperti USB dan FireWire.A wireless personal area network (WPAN) juga dapat dimungkinkan dengan teknologi jaringan seperti IrDA, Bluetooth, UWB, Z-Wave dan ZigBee.
2.    Fungsi PAN :
      
      Jaringan PAN digunakan untuk menghubungkan perangkat pribadi seperti (handphone, headset, smartphone, laptop dan lain-lain) sehingga bisa terbentuk komunikasi. Contoh yang biasa diterapkan jaringan PAN adalah jaringan ad hoc untuk komunikasi laptop dengan laptop, komunikasi laptop dengan handphone menggunakan bluetooth, dan lain-lain.

3.      Karakteristik jaringan PAN :

-          Merupakan titik akses ke berbagai perangkat pribadi seperti komputer, telpon,   ponsel, televisi, sistem keamanan rumah yang berbasis komunikasi data personal,   maupun perangkat komunikasi publik seperti internet.

-          Kontrol dilakukan dengan authoritas pribadi.

-          Data yang ditransmisikan juga bersifat khas dan personal karena digunakan untuk   kepentingan pribadi.

-          Teknologi dan protokol yang digunakan antara lain Wireless Application Protocol (WAP), Wifi, Infrared, Bluetooth, dsb.
-          Jangkauannya bisa hanya beberapa meter saja, namun juga bisa ratusan hingga     ribuan kilometer dengan memanfaatkan jaringan global.

4.      Prinsip kerja jaringan PAN :

Kontrol pada PAN dilakukan dengan authoritas pribadi, dan untuk teknologi yang digunakan antara lain Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth. PAN ini dihubungkan melalui bus yang ada pada komputer, seperti USB dan Firewire. PAN atau Personal Area Network adalah jaringan komputer digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer. Jangkauan dari PAN biasanya hanya beberapa meter. PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (komunikasi intrapersonal).

5.      Contoh jaringan PAN dan Implementasinya :

Contoh jaringan PAN : Jaringan yang menghubungkan telepon genggam dengan headset nirkabel;
Implementasi : Jaringan ini adalah jaringan dengan skala paling kecil. PAN adalah
jaringan untuk menghubungkan perangkat komputer yang dapat dipakai sehar-hari,
misalnya adalah menghubungkan telepon genggam dengan headset nirkabel.
Jangkauan dari PAN sangat terbatas, hanya beberapa meter. Karena itu memang PAN hanya digunakan untuk keperluan pribadi menggubungkan berbagai gadget yang kita miliki saja. 

6.  Kelebihan Jaringan PAN :

     Mudah dalam perawatan jaringan
     - Jika ada permasalahan pada jaringan akan lebih mudah ditangani

7.  Kelemahan Jaringan PAN :

-          Jaringan terbatas hanya mencakup beberapa perangkat saja
-          Luas area jaringan juga sangat terbatas, hanya mampu mencakup beberapa meter   saja.

C.    WAN (Wide Area Network)

1.      Pengertian WAN :

WAN (Wide Area Network) merupakan sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. WAN menggunakan sarana fasilitas transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit. Kecepatan transmisinya beragam dari 2Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, sampai 625 Mbps (atau kadang-kadang lebih). Komponen yang dipakai WAN dalam berkomunikasi biasanya terdiri dari dua komponen, yaitu kabel transmisi dan elemen switching.
2.      Fungsi WAN :

-        Mengintegrasikan dan menggabungkan jaringan LAN dan MAN menjadi satu
Fungsi utama dari dibangunnya sebuah jaringan luas atau WAN adalah untuk melakukan integrasi dan juga penggabungan dari jaringan LAN dan juga jaringan MAN, menjadi satu kesatuan jaringan yang utuh. Biasanya, fungsi ini akan sangat berguna bagi sebuah perusahaan yang memiliki banyak kantor cabang, di luar negeri dan juga diluar kota.
Dengan adanya jaringan WAN, maka setiap kantor cabang ataupun kantor perwakilan akan saling terhubung satu sama lain dengan sebuah jaringan komputer yang sangat luas.
-        Mempermudah dan mempercepat arus informasi dan komunikasi
Fungsi berikutnya dari sebuah jaringan komputer WAN adalah memudahkan dan juga mempercepat arus informasi dan juga komunikasi. Seperti contoh sebuah komunikasi dari kantor cabang, perwakilan dan juga kantor pusat.
Dapat dibayangkan apabila kantor cabang yang berada di pulau Kalimantan, harus meminta informasi dari kantor pusat yang berada di pulau Jawa. Tanpa adanya jaringan terintegrasi WAN, maka tentu saja hal ini berjalan sangat lama dan juga sangat sulit. Karena itu, dengan adanya WAN setiap kantor cabang akan lebih cepat dan juga mudah dalam mengakses dan juga emmperoleh informasi dari kantor pusat.
-        Meningkatkan efisiesnsi perpindahan arus informasi
Dengan semakin mudahnya arus informasi dan juga transfer data akan lebih memudahkan informasi yang datang dan keluar menjadi lebih cepat. Seperti komunikasi antar kantor cabang dan juga kantor perwakilan, maka sudah pasti efisinsi waktu akan tercipta dan akan menjadi sangat baik.
Dengan meningkatnya efisisensi waktu yang dimiliki kantor dalam melakuakan transmisi data, maka hal ini kan menyebabkan kinerja dan juga kemampuan perusahaan akan menjadi semakin baik dan juga semakin meningkat.
-         Menghemat biaya operasional
Penghematan dari biaya operasional pun akan menjadi lebih baik lagi. Hal ini tentu saja berhubungan erat dengan efisiensi waktu dan juga tenaga yang dihasilkan berkat adanya jarinan WAN ini.
Ayangkan saja apabila kantor cabang harus mengambil data dan juga informasi tanpa menggunakan jaringan WAN, maka bisa jadi staff dari kantor cabang tersebut harus pergi ke kantor pusat untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan, yang pastinya biaya transportasi yang akan membengkak dan menyebabkan pengeluaran perusahaan dari biaya operasional menjadi semakin bertambah.
-        Mencegah terjadinya miskomunikasi
Mis komunikasi juga biasanya sering terjadi apabila komunikasi dan juga penyampaian informasi dilakukan secara manual. Hal ini wajar saja karena manusia memang memiliki kecenderungan untuk salah dalam menafsirkan, sehingga bisa saja miskomunikasi tersebut dapat mengganggu jalannya bisnis yang dilakukan oleh perusahaan.
Disinilah jaringan WAN memegang fungsi dan juga peranan yang sangat penting bagi arus informasi dan juga proses komunikasi dari setiap kantor yang ada. Dengan menggunakan jaringan WAN sebagai media transmisi data dan informasi, maka kejadian miskomunikasi akan dapat diminimalisir bahkan dihilangkan. Hal ini disebabkan karena nantinya setiap user dan setiap kantor cabang juga perwakilan akan memperoleh informasi yang sama satu sama lain, karena berasl dari satu komputer induk atau server yang sama.
Mengakses serta menggunakan internet secara menyeluruh dengan jangkauan yang luas diharuskan menggunakan hardware jaringan seperti  jenis kabel jaringan komputer mana yang harus dipasangkan. Seperti pada kabel fiber optic, cara kerja fiber optik sebagai media transmisi menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk digunakan pada jaringan WAN, sebab kabel fiber optic cukup stabil dalam melakukan file transfering yang baik.
-        Mendukung operasionalitas dari sebuah perusahaan multinasional dan internasional
Fungsi WAN yang berikutnya adalah dapat mendukung operasionalitas dari perusahaan yang berskala multinasional dan juga internasional. Dengan adanya jaringan WAN pada sebuah perusahaan tersebut, maka segala bentuk kegiatan operasional perusahaan dapat berjalan denang lebih baik.
Meskipun jaringan WAN memiliki banyak fungsi yang sangat mendukung kegiatan operasional perusahaan, akan tetapi untuk mengimplementasikan sebuah jaringan WAN cukup sulit. Hal ini tentu saja disebabkan oleh kondisi geografis yang amat luas, yang mencakup multi nation atau banyak Negara.
Beberapa Negara mensyaratkan regulasi tertentu agar sebuah perusahaan bisa membangun jaringan yang terhubung dengan jaringan WAN, serta biaya pembangunan menara transmisi ataupun kabel jaringan bawah laut yang memiliki biaya investasi yang tidak sedikit.
3.      Karakteristik jaringan WAN :
-   Menghubungkan peralatan pada tempat yang berjauhan (area luas)
-    Menggunakan layanan dengan menyewa, seperti: RBOCs (Perusahan opeasi regional Bell – Regional Bell Operating
Company’s), Sprint, MCI, and VPM Internet Services, Inc. untuk membangun koneksi antar situs
-    Menggunakan koneksi serial dari berbagai jenis untuk mengakses pita lebar dalam lokasi yang berjauhan (luas).
-    Bekerja pada layer fisik dan layer datalink dari OSI model
-       Melakukan pertukaran paket data dan frames antara ruter dan switch dan LAN yang telah dibangun.
4.      Prinsip Kerja Jaringan WAN :

Untuk lebih memahami bagaimana cara kerja WAN, berikut ini adalah beberapa prinsip utama dari cara kerja WAN:
-          Sebuah komputer server atau host akan ditempatkan pada satu lokasi tertentu,   dimana komputer server tersebut akan mendukung semua kebutuhan pengaksesan   database dan juga informasi yang dimiliki.
-         Kemudian, server akan mentransmisikan informasi dan juga paket data yang   dimilikinya ke dalam jaringan komputer yang sudah dibangun, sesuai dengan   topologi yang sudah diimplementasikan sebelumnya.
-         Dengan komputer yang saling terhubung, maka kompter user atau client yang berada di luar pulau akan bisa mengakses informasi dari satu compute server saja.

5.      Contoh jaringan WAN dan Implementasinya :

-          Jaringan WAN adalah jaringan dengan tipe paling besar. Jaringan ini   menghubungkan berbagai kota atau wilayah satu dengan yang lain.

-         Contoh WAN adalah jaringan Internet. Jaringan internet menghubungkan berbagai kota, wilayah dan dengan negara satu dengan yang lain.

6.      Kekurangan jaringan WAN :

-          Dipastikan biaya operasional mahal dikarenakan jarak yang sangat jauh dan luas
-          Instalasi jaringan rumit
-          Memerlukan firewall / pelindung yang baik
-          Dengan jarak yang jauh, tidak semuanya perlindungan pada jaringan WAN ampuh terhadap serangan hacker
-          Mebutuhkan biaya yang mahal untuk membangun jaringan WAN
-          Perawatan jaringan full time.

   7.    Kelebihan jaringan WAN :

 -          Semua orang yang berada dalam jaringan ini dapat enggunkan data yang sama
-            Dapat berbagi software dan resource dengan koneksi workstation
-            Melakukan update data maupun mengumpulkan data dapat dilakukan setiap saat
-           Jaringan WAN dapat menghubungkan antara komputer pada jangkauan yang          lebih luas secara geografis.
-           Dapat mengirim pesan berupa gambar,rekaman,lampiran data kepada orang lain     dengan cepat
-          Memiliki jaringan penutup yang besar.

D.    MAN (Metropolitan Area Network)

             1.    Pengertian MAN :

                   MAN ( Metropolitan Area Network) merupakan jenis jaringan komputer yang                 jangkauannya lebih luas serta lebih canggih dibandingkan dengan jaringan                         komputer LAN. Disebut dengan Metropolitan Area Network dikarenakan jenis                   jaringan komputer ini digunakan untuk dapat menghubungkan jaringan komputer               yang ada dari satu kota ke kota lainnya. Contohnya menghubungkan berbagai                     lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan. bank yang memiliki                       jaringan komputer di setiap cabangnya dapat berhubungan satu sama lain.                           Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km. MAN hanya memiliki satu atau                 dua buah kabel yang fungsinya untuk mengatur paket data melalui kabel output.

2.      Fungsi jaringan MAN :

Untuk membangun & Implementasi sistem jaringan yang mengkolaborasikan antar server guna untuk memenuhi kebutuhan internal perusahaan dan pemerintah dalam mengkomunikasikan suatu jaringan yang dipergunakan yang sehingga bisa melakukan kegiatan seperti chat, messenger, video dan lain sebagainya dengan bandwidth lokal.

3.      Karakteristik jarngan MAN :

-          Meliputi area seluas antara 5 dan 50 kisaran km. Banyak MAN mencakup area        perkotaan.
-          Sebuah MAN (seperti WAN) umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi. MAN,   komunikasi linknya dan peralatan, umumnya dimiliki oleh salah satu konsorsium   pengguna atau oleh penyedia layanan jaringan yang menjual pelayanan kepada     pengguna.
-    MAN sering bertindak sebagai jaringan kecepatan tinggi untuk memungkinkan berbagi sumber daya daerah. Hal ini juga sering digunakan untuk menyediakan koneksi bersama untuk jaringan lain dengan menggunakan link ke WAN.
-      MAN berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN.
-        Hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak memiliki elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel . Adanya elemen switching membuat rancangan menjadi lebih sederhana.

4.      Contoh jaringan MAN dan Implementasinya :

MAN menghubungkan berbagai komputer atau jaringan penyusun di
      suatu wilayah tertentu, misalnya di suatu kota atau kompleks gedung.
      Contoh MAN adalah jaringan yang ditemui pada bank dalam suatu
      kota dengan luas jangkauan yang besar. Jaringan ini misalnya, akan
      menghubungkan komputer-komputer yang terletak di gedung-gedung                antara cabang bank satu ke bank lainnya.

5.      Kelebihan jaringan MAN :

-         Sever kantor pusat dapat berfungsi sebagai pusat data dari kantor cabang
-         Transaksi real time / saat itu juga
-          Komunikasi antar wilayah ( kantor ) dapat melalui email, chatting, atau video   konferens
-          Pengiriman dokumen maupun file dapat dilakukan dengan fasilitas email dan   transfer file antar kantor pusat ke kantor cabang tidak banyak mengeluarkan biaya
-          Melakukan update data maupun mengumpulkan data dapat dilakukan setiap saat
-          Jaringan MAN yang memiliki fasilitas koneksi workstations memudahkan utuk   saling berbagi software dan resources
-          Semua pengguna jaringan MAN bisa menggunakan data yang sama,tidak ada   istilah ada salah satu pengguna yang mendapatkan data atau informasi lama yang   lain.

6.      Kekurangan jaringan MAN :

-          Biaya operasional mahal
-          Instalasi infrastruktur tidak mudah / membentuk sebuah jaringa sulit
-          Rumit untuk diperbaiki pada saat terjadi trouble shoot pada jaringan
-          Menjadi sasaran para hacker dan ancaman lain dalam keamanan informasi atau   data dalam komputer dan sering terkena virus. Sehingga ada lagi beban biaya   untuk mengadakan sistem perlindungan terhadap hacker dan antivirus

Sekian postingan yang saya bagikan hari ini, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca ya. Amin.